Diposkan pada Kesehatan

Perut Kembung Pada Bayi Yang Baru Lahir

Perut bayi yang baru lahir biasanya memang nampak sedikit lebih buncit. Akan tetapi keadaan tersebut ini adalah hal yang normal. Sehingga anda sebagai orang tua tak perlu merasa khawatir yang berlebih ataupun merasa bingung dengan keadaan tersebut. Dalam waktu beberapa bulan perut bayi yang cenderung agak buncit tersebut bakal perlahan-lahan kempes dan berada pada ukuran perut yang selayaknya. Nah, akan tetapi ibu tetap harus selalu waspada dan perhatian pada setiap masa perkembangan si kecil sejak lahir. Daya tahan tubuh si kecil yang belum optimal menjadikannya pun cukup mudah juga untuk terserang gangguang kesehatan. Seperti gangguan sistem pencernaan yang salah satunya adalah perut kembung. Perut kembung pada bayi yang baru lahir bisa ibu deteksi sendiri. Caranya adalah menepuk-nepuk secara ringan dan perlahan pada perutnya. Jika terdengar suara “bung bung bung” maka itu menandakan bahwa perut bayi kembung.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perut kembung pada bayi. Salah satunya ialah lantaran ASI yang terlalu berlimpah, sementara bayi yang belum 100 persen mampu untuk menyusu sehingga pada akhirnya ia pun cenderung untuk menelan ASI secara lebih cepat sembari juga menelan gelembung-gelembung udara yang ada. Jika memang si kecil mengalami perut kembung, ibu bisa coba untuk mengatasinya dengan cara saat setelah diberi ASI, sendawakan si kecil. Caranya adalah dengan meletakkan pada pangkuan ibu dan posisi si kecil tengkurap, kemudian usap lembut pada punggung si kecil. Berikutnya yang bisa ibu lakukan adalah gendong si kecil dengan posisi tubuh menghadap ke arah ibu dan usahakan perut bayi menempel ke tubuh ibu. Selain itu, langkah yang lebih sederhana lagi ibu dapat memberikan Zwitsal Minyak Telon dan mengusapkan perlahan di perut si kecil.

Minyak telon terbaik seperi Zwitsal dapat memberikan kehangatan dan bermanfaat untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang baru lahir. Bukan hanya mengatasi saja tentunya, namun juga untuk mencegah bayi mengalami perut kembung. Hal yang dapat dicegah agar si kecil yang baru lahir tidak mudah mengalami perut kembung adalah terlebih dahulu ibu yang memperhatikan konsumsi sehari-hari. Ibu disarankan untuk mampu membatasi konsumsi buah asam ketika menyusui, juga membatasi konsumsi produk olahan susu seperti keju, yogurt dan lainya. Hal tersebut dikarenakan zat laktosa pada susu apabila diuraikan bisa menghasilkan gas. Satu lagi yang perlu diperhatikan, dalam hal mengatasi perut kembung yang dialami oleh si kecil, ibu diharapkan bisa menanganinya dengan tenang dan tidak panik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s